BERPIKIR KOMPUTASIONAL
A. Struktur Data
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu.
1. Tree
Dalam ilmu komputer, sebuah Tree adalah suatu struktur data yang digunakan secara luas yang menyerupai struktur Pohon dengan sejumlah simpul yang terhubung.
2. Graph
Dalam ilmu komputer, grafik adalah tipe data abstrak yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep grafik tak berarah dan grafik berarah dari bidang teori grafik dalam matematika.
B. Algoritma
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu.
1. Langkah-langkah
– Definisikan Masalah yang Ada.
– Mencari Solusi Alternatif.
– Evaluasi dan Pilih Solusi Alternatif yang Ada.
– Coba untuk Terapkan dan Tindak Lanjuti Solusinya.
C. Ekspresi dan Operasi Logika
Operand adalah nilai asal yang dipakai dalam sebuah proses operasi. Sedangkan Operator adalah instruksi yang diberikan untuk mendapatkan hasil dari proses tersebut. Pada dasarnya, ekspresi adalah gabungan antara operator dan operand.
D. Flowchart
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
1. Jenis-jenis Flowchart
• Flowchart Dokumen.
• Flowchart Sistem.
• Flowchart Skematik.
• Flowchart Proses.
• Flowchart Program.
2. Simbol-simbol Flowchart
Komentar
Posting Komentar